Chat Facebook

Bahasa Indonesia Kelas XI (BAB III)

BAB III

1. Perintah kerja tertulis diberikan oleh atasan langsung maupun tidak langsung dalam suatu lembaga atau departemen dan berupa surat edaran dan pengumuman yang ditujukan untuk perorangan maupun masyarakat, seperti surat tugas, nota dinas, dan memo.

2. Surat edaran adalah surat dengan alamat tujuan kolektif yang beredar dari satu tangan ke tangan lainnya dengan cara mengirimkan satu surat untuk semua orang yang dituju (sikuler), atau semua orang yang dituju mendapat surat yang sama isinya.

3. Persamaan edaran dan pengumuman, yaitu sama-sama menyampaikan informasi kepada orang banyak dan bersifat umum, tidak rahasia, tetapi pengumuman digunakan untuk memberitahukan atau mengumumkan sesuatu kepada masyarakat.

4. Jenis-jenis pengumuman, yaitu pengumuman untuk (a) kepentingan niaga, (b) penerangan,pendidikan, dan yang berasal dari keluarga.

5. Penulisan pengumuman yang baik, harus mengetahui (a) tujuan pengumuman, (b) isi pengumuman, (c) sasaran, dan (d) media pengumuman yang sesuai dengan sasarannya.

6. Memo singkatan dari “memorandum” yang berasal dari kata memory yang berarti ingatan. Isi memo selalu menyangkut informasi yang bersifat mengingatkan.

7. Isi memo singkat, tetapi harus jelas isi pesannya, entah itu meminta ataupun memberi informasi, meminta atau memberi petunjuk.


8. Prosedur kerja adalah aturan yang harus dipahami dan diterima serta dipatuhi oleh semua orang yang terlibat di tempat kerja tersebut. Prosedur kerja muncul karena ada perintah dari atasan kepada bawahannya.

9. Prosedur kerja meliputi tiga hal, yaitu (a) pengaturan pembagian tugas yang jelas dan tegas, (b) pengaturan hubungan kerja sama antar-satuan organisasi, dan (c) pengaturan tentang garis wewenang dan tanggung jawab.

10. Nota dinas berasal dari kata note (Inggris) yang berarti catatan. Jadi, isi nota bersifat catatan tentang hal-hal yang harus dilakukan. Jadi, peredaran nota umumnya vertikal ke bawah, dan berisi perintah ataupun penugasan. Ada juga nota horisontal yang isinya tidak bersifat perintah.

11. Bagian-bagian nota dinas adalah kepala nota dinas, petunjuk nota dan nomornya, tujuan/yang dituju, yang membuat nota dinas, hal yang dicantumkan dalam nota dinas, salam pembuka, isi, salam penutup, tempat dan tanggal penulisan, tanda tangan dan nama terang pembuat nota dinas, dan tembusan nota dinas.

12. Disposisi atau surat penugasan adalah surat yang dipergunakan untuk menugaskan seseorang atau lebih agar melakukan pekerjaan tertentu. Jadi, surat penugasan selalu datang dari atasan. Perbedaannya dengan surat perintah adalah teknik pembuatan dan bunyi suratnya.

13. Surat perintah memiliki konsiderans, yaitu hal-hal yang menjadi dasar untuk mengeluarkan perintah, sedangkan diktum atau bunyi perintah dari surat penugasan tidak memiliki konsiderans. Isi surat penugasan dapat langsung mengenai penugasan yang diberikan atau kadang-kadang diawali dengan bagian pengantar yang melandasi pemberian tugas.

14. Surat kuasa adalah surat yang berisi pelimpahan wewenang dari seseorang kepada orang lain, sehingga ia berwenang untuk bertindak atas nama pemberi kuasa. Ada surat kuasa horisontal, yaitu surat kuasa yang diberikan dan diterima oleh siapa saja, dan dibuat atas nama pribadi, maka tergolong surat pribadi. Ada surat kuasa vertikal, yaitu surat kuasa yang dibuat yang diberikan oleh atasan kepada bawahan, biasa dilakukan dalam sebuah organisasi, maka tergolong surat resmi/dinas.

15. Surat kuasa organisasi dibedakan menjadi dua, yakni surat kuasa untuk keperluan intern dan ekstern orgnaisai. Surat kuasa intern organisasi bersifat formalitas, maka data pribadi kedua belah pihak tidak perlu dicantumkan secara rinci. Sedangkan surat kuasa untuk keperluan ekstern organisasi harus mencantumkan secara jelas dan rinci tentang (a) data pribadi pihak yang memberi kuasa, (b) data pribadi pihak yang diberi kuasa, dan (c) bentuk kekuasaan yang diberikan beserta batas-batasnya. Data pribadi untuk surat kuasa dinas itu meliputi nama, NIP/NRP, pangkat/golongan, dan pekerjaan atau jabatan. Sedangkan untuk surat kuasa pribadi cukup nama, identitas lain, pekerjaan, dan alamat.

Sumber Referensi : Buku Bahasa dan Sastra Indonesia Tingkat Kelas X

2 Ulasan:

Anonim mengatakan...

terimakaish infonya :11:

Kita Punya mengatakan...

Mau tanya gan, kalau perbedaan memo dan disposisi apa ya? terima kasih atas jawabannya.

emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon
:1: :2: :3: :4: :5: :6: :7: :8: :9: :10:
emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon emoticon
:11: :12: :13: :14: :15: :16: :17: :18: :19: :20:
Untuk memasukan icon² di atas, cukup memasukan kode dibawah icon tersebut misal:
:4:
ke dalam frame komentar di bawah ini.
Terimakasih, Selamat berkomentar

Silakan, Monggo Isi Komentarnya..

  • Matematika
  • Bahasa Indonesia
  • Bahasa Inggris
  • Ilmu Pengetahuan Alam
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Buku Pelajaran
  • Rangkuman